nasi box karisma by sofistika
nasi box karisma by sofistika

Nasi Kotak Premium Karisma menu SPESIAL
(Ayam Goreng Lengkuas, Pepes Tahu Teri, Jamur Cabe Garam, Tumis Jagung Muda, Sambal Bajak)
+ GRATIS Buah

Nasi Tumpeng Mulai Rp 750 Ribu per Nampan

Konsultasikan Kebutuhan Catering Anda Sekarang!


WA catering


Catering Diet – Kebanyakan orang berpikir bahwa mengatur pola makan berbentuk diet (atau biasa disebut dengan catering diet) selalu berkaitan dengan mereka yang kelebihan berat badan (obesitas) atau memiliki bawaan penyakit penyerta (kronis). sayangnya anggapan ini terlalu berlebihan.

Memang sebagian besar mereka yang memiliki tubuh lebih dari normal (obesitas atau overweight) disarankan oleh dokter untuk melakukan pengaturan catering diet agar tidak menjadi masalah bagi kesehatan tubuhnya. Sementara bagi mereka yang memiliki penyakit dikhususkan untuk catering diet agar resiko penyakitnya bisa dikontrol.

Akan tetapi sebenarnya munculnya catering diet mempunyai banyak tujuan, salah satunya memang berguna untuk menurunkan berat badan atau mengontrol resiko sebuah penyakit. Sementara tujuan lainnya adalah mengontrol pribadi pribadi yang memiliki pantangan makanan khusus agar dapat terpenuhi gizi, mineral dan vitaminnya.

Apa saja pribadi pribadi yang memiliki pantangan khusus? Misalnya karena ideologi seperti menjdi vegan yang tidak makan daging daging binatang, atau seorang penganut agama hindu atau sikh yang tidak bisa makan daging sapi. Sementara seorang muslim yang tidak bisa makan daging babi. Maka catering diet akan mengatur pola makan agar kebutuhan makan 4 sehat 5 sempurna tetap terpenuhi.

Selain itu pengaturan catering sehat juga memiliki nilai preventif (alias pencegahan), mereka yang memiliki riwayat resiko diabtes kronis dari gen orang tuanya, mereka yang sering terpapar bahan kimia, berada di lapangan terus menerus, maka perlu melakukan pengaturan makanan dan minuman agar asupan gizinya terpenuhi dan imunitasnya tetap terjaga.

Pondasi mendasar melakukan catering diet adalah konsistensi dan teratur. Percuma anda semangat di awal tetapi tidak bisa konsisten dalam menjalankan pola diet catering sehat. Karena biasanya perubahan catering diet ini akan memaksa seseorang untuk merubah pola makan dari yang biasanya asal makan apa saja sesuai keinginan menjadi makanan yang diatur sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Beberapa pakar kesehatan sudah mempromosikan catering diet misalnya diet karbo untuk mencegah mereka penyandang resiko diabetes terkena penyakit gula darah, diet ini juga berguna untuk menurunkan berat badan secara perlahan-lahan.

Atau beberapa pakar kesehatan yang cukup progresif seperti zaidul akbar yang menyarankan mengurangi konsumsi gula, konsumsi minyak kolesterol dan menghindari gorengan dengan tujuan agar metabolisme tubuh terkontrol dan sehat. Catering diet ini disebut sebut juga berhasil bagi mereka yang ingin mempunyai keturunan atau sembuh dari penyakit.

Kenapa Memilih Catering Diet?

Catering diet

Melakukan program catering diet sebenarnya susah susah gampang. Susah bagi mereka yang sudah terbiasa makan makanan enak, sementara gampang bagi mereka yang sudah terbiasa perhatian dengan asupan makanan dan minuman sehari hari.

Alasan utama memilih catering diet juga berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. Inilah yang kemudian mendasari kenapa program diet tergantung dengan motivasi tiap personal termasuk dengan tingkat keberhasilannya.

Bagi mereka yang dituntut melakukan catering diet karena faktor penyakit, maka mereka biasanya akan bekeja keras untuk mengontrol resiko penyakitnya dengan semaksimal mungkin melakukan diet makanan.

Sementara bagi mereka yang masih dalam taraf pencegahan, biasanya prosesnya sangat pelan dan bahkan kadang kadang tidak konsisten. Mereka ini biasanya masih awal dan masih coba coba. Kecuali bagi mereka yang sudah mengetahui resiko sebuah penyakit karena faktor keturunan (semisla kakek neneknya mengidap penyakit diabetes atau stroke, maka mereka akan melakuakn catering diet secara maksimal).

Keuntungan Melakukan Catering Diet Secara Sehat

Masih khawatir melakukan catering diet karena dicap pilih pilih makanan? Atau khawatir tubuh kemudian menjadi kurus? Jangan khawatir, anda mau memilih sakit duluan atau mencegah penyakit dari awal? Ini adalah pilihan yang sulit, akan tetapi di jaman modern ini, olahan makanan catering diet tidaklah seseram yang dibayangkan.

Anda masih bisa makan makanan enak dengan pola catering diet, hanya saja perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian tertentu. Misalnya bagi yang ingin tetap minum manis, bisa mengganti gula biasa dengan gula jagung.

Sementara bagi mereka yang ingin tetap makan nasi, bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Beberapa bahkan bisa mengganti bubur di pagi hari dengan semangkuk oatmeal instan (tinggal diseduh) dan kemudian diberikan irisan buah buahan atau madu. Menyenangkan kan?

Nah, keuntungan utama dari melakukan catering diet adalah perubahan metabolisme tubuh. Awalnya dalam beberapa hari atau minggu masih belum tampak, tapi dalam hitungan bulan anda bisa merasakan perubahannya. Cobalah mengurangi gula atau karbo dengan menggantinya dengan zat energi lain, maka anda bisa menikmati manfaat tidak mengantuk lagi, tidak mudah lelah dan menjadi lebih fresh.

Keuntungan lainnya adalah anda menjadi lebih peka dengan makanan dan minuman yang akan anda makan, termasuk dengan pembeliannya dimana, kandungan yang ada di dalamnya dan juga proses pengolahannya.

Jika sebelumnya anda hanya melihat “enak” atau “tidak enak” sebuah makanan, maka dengan melakukan catering diet, anda mungkin lebih sadar untuk mengurangi makanan kalengan (karena banyak mengandung natrium zat pengawet), mulai mengganti gula biasa menjadi gula jagung. Serta melakukan penggantian snack camilan anda menjaid lebih sehat.

Namun, kemungkinan lain yang mungkin perlu diantisipasi adalah adanya lonjakan uang yang dibutuhkan, biasanya ini terjadi di awal awal karena anda masih bingung mau membeli apa saja untuk mendukung catering diet anda.

Beberapa malah membeli terlalu banyak bahan sehingga tidak tahu harus diolah menjadi apa saja. Tips sederhannya adalah mengatur dan merencanakan pola makan seminggu dan juga kemana akan membeli bahan bahannya.

catering diet enak

Siapa Saja Yang Bisa Melakukan Catering Diet?

Catering diet bisa dilakukan oleh siapa saja, akan tetapi bagi anda yang termasuk ke dalam beberapa golongan di bawah ini perlu memasukkan agenda wajib ke dalam kehidupan anda:

1. Orang tua atau lansia dengan penyakit kronis seperti jantung, stroke, diabetes dan penyakit lainnya perlu mengatur asupan catering makanannya dengan lebih teliti.

2. Orang dewasa yang memiliki resiko genetik penyakit kronis, misalnya ayah atau ibu dna kakeknya menderita penyakit diabetes atau stroke atau hipertensi, maka anda harus menyiapkan diri untuk melakukan catering diet agar tidka bertambah resiko terkena penyakit kronisnya.

3. Orang orang usia produktif yang terbiasa bekerja lembur, banyak makan enak dan asal makan apa saja. Faktor faktor penyakit kronis biasanya mengincar orang orang seperti ini dan tiba-tiba saja datang.

4. Mereka yang memiliki badan berlebih (obesitas) atau overweight, sudah menjadi rahasia umum di dunia kesehatan bahwa mempunyai banyak lemak di tubuh bisa menggiring tubuh mempunyai banyak penyakit.

5. Mereka yang terlalu sibuk dan jarang melakulakn olahraga atau aktivitas fisik. Aktivitas fisik minimal tiga kali seminggu akan mengurangi resiko penyakit kronis, akan tetapi bagi anda yang terlalu sibuk bisa disiasati olahraga seminggu sekali dengan tetap menjaga asupan makanan. Mengurangi gorengan, karbohidrat dan glukosa serta melakukan work out di rumah atau di kantor anda.