Catering Rantangan – Pada dasarnya memesan menu catering harian untuk memenuhi jadwal makan pagi dan makan siang bertujuan agar si pemesan tidak repot dalam memasak atau membawa bawa makanan ke kantor. Sehingga pesanan catering harian ini menu menu yang disajikan harus lebih bervariasi dari menu biasanya.

Kenapa harus lebih bervariasi? Faktor utamanya adalah agar tidak bosan sehingga membuat si pemesan malas untuk makan pagi dan makan siang. Ketika menu harian yang disajikan hanya itu itu saja dengan metode penyajian yang tidak kreatif, maka bisa dipastikan banyak konsumen yang kemudian akan mulai malas makan, bahkan kemudian malas untuk memesan kembali.

Oleh karena itu sebagai bagian dari metode penyegaran, pemilik jasa catering bisa menawarka metode makan catering harian yang berbeda dari biasanya. Jika biasanya catering harian kantor disajikan dengan menu prasmanan, maka dalam beberapa hari bisa diganti dengan menu nasi kotak.

Jika kemudian berusaha menghindari kebosanan, maka menu nasi kotak bisa diubah kembali dengan menu rantangan. Apa itu menu rantangan? Menu dengan metode penyajian nasi rantangan ini banyak digunakan di lapisan masyarakat kelas menengah ke bawah. Tentu saja metode penyajian menu rantangan ini berbeda dengan menu penyajian prasmanan dan nasi kotak.

Jika prasmanan harian menu makan disajikan dalam wadah yang berbeda dalam jumlah besar, sementara menu nasi kotak makanan dimasukkan ke dalam kardus. Maka menu rantangan sajiannya semua makanan dipisah dalam rantang kecil kecil dan kemudian disatukan dalam wadah bertumpuk dan bisa dibawa kemana-mana.

Menu rantangan ini telah lama populer dalam jasa catering di negara India. Jika anda sering melihat youtube atau internet, nasi rantangan digunakan untuk jasa catering makan siang di negara negara bagian sebesar New Delhi dan kebanyakan di India selatan. Menu rantangan ini terdiri dari nasi atau roti, sayur, kemudian lauk dan sambal. Semua menu dipisah dalam rantang kecil yang ditumpuk kemudian diikat pada sepeda-sepeda jasa pengantar yang akan membawa menu rantangan ini kepada konsumen tepat waktu sebelum jam makan siang tiba.

Kenapa metode penyajian dan pengemasannya menggunakan catering rantangan? Tentu saja ini ada banyak pilihan dan kelebihan yang bisa dipertimbangkan. Di india dengan jumlah populasi penduduk mencapai milyaran, maka setiap jasa catering tidak mungkin membuat menu catering pesanan secara cepat dengan mencampur semua bahan.

Biasanya agar lebih efektif, menu nasi dikemas sendiri dalam jumlah banyak, menu sayur dikemas sendiri, menu lauk begitu juga menu sambal. Sehingga pada bagian akhir, kemasan ini ditumpuk sesuai dengan pesanan dan kemudian diikat dan diantarkan kepada konsumen. Metode pengemasan yang pas untuk masalah di atas adalah metode rantangan yang memudahkan dalam proses produksi dan pengemasan.

Selain itu, pengemasan menu rantangan juga memudahkan dalam mensortir makanan sisa. Para pengusaha catering bisa berbagi kepada orang tidak mampu hanya dengan mensortir makanan sisa dari paket rantangan tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. Makanan sisa dari paket paket rantangan ini pastinya tidak tercampur karena berada dalam wadah yang terpisah.

Sehingga ketika waktu pengambilan wadah rantangan datang, para kurir ini tinggal menyatukan nasi dari berbagai wadah rantang sisa, menyatukan sayur dari wadah rantang yang tersisa dan menyatukan lauk dari wadah rantang yang tersisa. Lalu kemudian bisa dibungkus dan dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan di jalanan di negara India, bagaimana tertarik?

Penyajian Menu Catering Rantangan

catering rantangan

Penyajian menu catering rantangan di Indonesia mungkin kurang familiar. Orang akan lebih memilih menu penyajian nasi kotak atau prasmanan karena mungkin belum terbiasa. Padahal jika catering rantangan digunakan untuk catering harian pada jam makan siang, akan banyak kelebihan yang bisa didapatkan, berikut kelebihan menggunakan menu rantangan ketimbang nasi kotak atau prasmanan:

1. Menu rantangan akan menjamin nasi dan sayur tidak tercampur sampai waktunya makan tiba. Sementara nasi kotak jika kotakannya bergeser atau terjatuh makan akan berpotensi mencampur antara menu sayur dan menu nasi. Bahkan isinya akan berantakan, sementara rantangan akan menjaga masing masing menu akan tetap berada di wadahnya.

2. Menu rantangan akan memberikan kesempatan bagi pemiliknya untuk tidak malu makan sedikit, karena jika ada sisa wadah rantangan bisa ditutup kembali dan tidak semua orang tahu. Sisa makanan bisa dimakan nanti, disumbangkan atau tidak diambil lagi dan dikembalikan kepada catering untuk dibuang atau disumbangkan.

3. Menu rantangan akan memudahkan ketika masakan akan dihangatkan ulang. Bandingkan jika menu disajikan dalam bentuk nasi kotak atau prasmanan? Tentu saja susah kan? Dengan menu rantangan, maka makanan yang akan dihangatkan tinggal dimasukkan ke dalam microwave atau ditungkan ke dalam tungku masak lalu bisa dikembalikan kepada wadah rantangan.

Selain beberapa kelebihan dalam menyajikan menu berbentuk rantangan, catering rantangan harian juga memiliki kekurangan yang bisa anda antisipasi seperti:

1. Menu rantangan akan banyak makan tempat, karena wadah yang bertumpuk saat menu datang, kemudian sisa wadah saat selesai makan. Berbeda dengan menu nasi kotak yang akan habis dan dibuang saat setelah makan usai.

2. Tidak semua jasa catering memiliki wadah rantang, sehingga mungkin hanya beberapa catering yang bisa melayani pesanan anda. Anda mungkin bisa jauh jauh hari bertanya tanya mengenai menu rantangan dan apakah mereka siap untuk menyajikan makanan nasi rantangan.

Penyajian Catering Harian Pada Umumnya

Untuk memberikan perbandingan penyajian dan pengemasan catering harian dalam makan siang di kantor, terdapat tiga metode yang bisa anda pikirkan saat akan memesan nasi rantangan. Apakah metode catering rantangan lebih efektif, lebih menarik atau lebih kreatif ketimbang menu prasmanan dan nasi kotak bisa dilihat dari perbandingan di bawah ini:

1. Prasmanan: menu catering harian prasmanan ini jauh lebih familiar dibandingkan penyajian menu nasi kotak dan menu rantangan. Akan tetapi penyajian catering berbentuk prasmanan juga bisa lebih merepotkan ketimbang penyajian rantangan, misalnya adalah:

a. Persiapan catering harian prasmanan jauh lebih lama, karena pihak catering harus menata wadah wadah makanan, menyajikan piring dan memasukkan menu makan ke dalam wadah.

b. Kemudian pihak catering akan menunggu satu per satu karyawan makan hingga akhir dan menuangkan kembali makanan jika terdapat kekurangan. Selain itu pada bagian akhir, pihak catering harus membersihkan makanan sisa.

c. Harga menu prasmanan memang bervariasi, tetapi jika ingin makan enak dalam menu prasmanan harus memesan dalam harga yang tinggi, kecuali jika anda terbiasa makan nasi goreng atau bakmi goreng prasmanan maka harga bisa ditekan serendah mungkin.

menu rantangan

2. Nasi box (nasi kotak): Penyajian catering harian kedua berbentuk nasi kotak ini menduduki peringkat kedua. Dipilih karena soal kepraktisan, kemudahan dan jauh lebih simpel ketimbang yang pertama. Sama halnya dengan menu prasmanan, dibandingkan dengan nasi rantangan penyajian nasi box juga memiliki kelebihan dan kekurangan seperti berikut ini:

a. Menu nasi box akan lebih simpel dan mudah ketimbang menu prasmanan dan menu rantangan. Kenapa simpel? Karena pihak catering hanya tinggal mengantarkan saja dan tidak perlu mengambil wadah sisa.

b. Nasi box kemudian tinggal dimakan, sisanya dibuang dan kardus-kardusnya bisa dikelola oleh tukang sampah atau para pemulung.

c. Sayangnya adalah penyajian menu nasi kotak tidak bisa memberikan kesempatan karyawan untuk makan sisa, makan sedikit dan sisanya nanti atau misalnya dibawa pulang. Karena nasi kotak biasanya berbentuk kotak kardus yang akan kotor jika dimasukkan ke dalam tas. Selain itu makanan sisa dalam nasi kotak juga susah untuk disumbangkan karena sudah tercampur dan terkesan kotor jika dipisahkan.

3. Rantangan: pada bagian terakhir ini adalah metode yang bisa anda pilih dalam proses penyajian makanan kantor secara harian. Tentu saja jika dibandingkan dengan kedua metode di atas, penyajian menu rantangan banyak memiliki kekurangan dan kelebihan. Akan tetapi anda bisa fokus di kelebihan yang ditawarkan catering rantangan ini seperti misalnya:

a. Menyajikan menu rantangan akan memudahkan makanan tidak cepat basi sampai siang dan sore sekalipun, karena tempat makan terpisah. Khusus bagi menu menu yang panas dan berkuah dan dipaket saat jam 9 pagi, maka wadah rantangan bisa menjaga menu makan bisa tetap enak sampai sore. Kalau prasmanan dan nasi box? Belum tentu.

b. Menu rantangan akan memberikan kesempatan bagi karyawan makan kapanpun dan bisa menyisakan makanan untuk dimakan jam berikutnya. Misalnya ketika jam rapat molor atau karena baru saja makan snack, maka wadah rantangan masih bisa menjaga kelezatan makanan di jam jam berikutnya. Bandingkan dengan menu prasmanna yang terbatas dan menu nasi kotak yang belum tentu bisa?

Variasi Menu Catering Rantangan

Pada pembahasan selanjutnya, menu nasi rantangan sama halnya dengan menu prasmanan dan menu nasi box memiliki banyak variasi menu yang bisa dimasukkan. Menariknya adalah catering prasmanan ini berada di tengah tengah proses sajian menu antara prasmanan dan nasi box.

Misalnya begini, dalam menu nasi box sayur berkuah tentu tidak bisa disajikan langsung seperti menu prasmanan, sayur berkuah harus dibungkus plastik dan baru bisa disajikan dalam nasi kotak sehingga merepotkan ketika akan memakannya. Sementara begitu juga kebalikannya menu sayur berkuah dalam prasmanan harus dimakan saat itu juga dan tidak bisa ditunda pada jam selanjutnya. Kalau menu rantangan?

Nah ini dia kelebihan makanan rantangan ketimbang prasmanan dan nasi kotak, sayur berkuah dan panas bisa dipaketkan dan langsung di makan di wadah yang disajikan. Hal ini karena proses pemaketan makanan rantangan dengan wadah plastik dan aluminium sehingga lebih praktis. Mau mencobanya?

Selanjutnya proses penyajian nasi rantangan juga memiliki dua tipe penyajian wadah. Tipe penyajian wadah pertama adalah wadah satuan atau tunggal seperti wadah tupperware dengan banyak bagian untuk nasi, lauk, sayur dan sambal serta kerupuk.

Sementara wadah kedua adalah wadah bertingkat seperti nasi rantangan yang dibawa para petani di sawah-sawah dimana antara nasi, sayur dan lauk dipaketkan dengan cara bertumpuk. Berikut perbedaannya dan tentu saja variasi menu yang bisa disajikan:

1. Wadah satuan: kelebihan utama wadah satuan alias tunggal ini adalah tidak banyak makan tempat. Jika anda memiliki 100 karyawan, maka wadah rantangan ini bisa ditumpuk di atas meja dan karyawan tinggal mengambil satu per satu berurutan dengan santai. Selain itu menu sayur berkuah juga tertutup rapat dan dijamin tidak akan tumpah. Beberapa menu yang bisa disajikan dalam menu rantangan satuan atau tunggal antara lain:

A. Nasi, sayur sop, tempe goreng, sambal, lalapan, kerupuk.
B. Nasi, cah kangkung, perkedel, sambal, irisan buah, kerupuk.
C. Nasi, sop jagung, bakmi goreng, irisan buah, kerupuk.
D. Nasi, oseng oseng tempe sambal teri, sayur bayam, pisang.

catering harian

2. Wadah bertumpuk: kelebihan utama menu rantangan dengan wadah bertumpuk ini tentu saja jumlah porsi yang bisa lebih besar, lebih terjamin dari bercampurnya antar makanan dan lebih higienis tentunya. Wadah bertumpuk selain memberikan kesempatan karyawan makan kapanpun dan dimanapun juga bisa diberikan kepada temannya jika merasa kelebihan makanan. Karyawan bisa menyumbangkan makanannya dengan menyodorkan wadah menu yang akan diberikan kepada temannya. Menu menu dalam wadah bertumpuk ini antara lain:

a. Nasi, sop baso, tempe goreng, sambal, lalapan, kerupuk.
b. Nasi, cah kangkung, perkedel, sambal, irisan buah, kerupuk.
c. Nasi, sop jagung, bakmi goreng, irisan buah, kerupuk.
d. Nasi, oseng oseng tempe sambal teri, sayur bayam, pisang

Variasi Harga Catering Harian Menu Rantangan

Harga harga menu rantangan sama halnya dengan menu prasmanan dan nasi kotak dimana terdapat rentang harga terendah dan juga rentang harga tertinggi. Seperti berikut ini:

1. Untuk wadah satuan atau tunggal dalam penyajian menu rantangan, biasanya harga yang dipatok jauh lebih murah karena tidk banyak porsi yang diberikan dan menu bersifat terbatas. Harga terendahnya berada di kisaran angka Rp15.000 hingga Rp20.000

2. Sementara untuk catering rantangan dengan penyajian wadah bertumpuk, karena menu variasi bisa diperbanyak dan porsinya yang bisa lebih besar, maka harga menu rantangan dengan jenis ini bisa mencapai minimal Rp20.000 untuk satu porsinya.