Menu Buffet – Jika mengadakan acara acara besar, dibandingkan menggunakan sajian nasi kotak, kebanyakan orang akan memilih menyajikan makanan dalam bentuk prasmanan. Metode penyajian menu buffet ini memang lebih cocok disajikan dalam pesta pesta acara besar yang membutuhkan sajian makanan dalam sekali penyediaan.

Selain itu menu prasmanan, atau yang biasa kita kenal sebagai menu buffet memudahkan tuan rumah untuk memantau pergerakana makanan yang disajikan dan juga pergerakan tamu yang sedang mengonsumsi makanan. Menu buffet ini juga memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki ketika menyajikan makanan dalam bentuk nasi box atau rantangan.

Apa saja perbedaan mendasar orang memilih menu buffet dibandingkan dengan nasi box atau rantangan, berikut ini hal hal mendasar yang sering dijadikan patokan:

1. Menu prasmanan alias buffet terlihat lebih mewah bagi sebagian orang. Mewah ini bisa dilihat dari konteks penyajian aneka contoh menu buffet yang mahal mahal untuk ukuran satu porsinya, misal menyajikan kepiting, udang saus tiram hingga ayam bakar madu. Selain itu bisa juga mewah dalam proses penyajiannya, banyak buffet disajikan secara mewah, artistik dan mengesankan wibawa si tuan rumah. Pasti pernah lihat dong, bagaimana penyajian menu buffet dengan aneka pajangan, wadah dan meja meja antik yang digunakan.

2. Penyajian menu buffet juga untuk memastikan makanan disajikan secara hangat. Hal ini yang membedakan secara mendasar penyajian menu buffet dengan menu nasi kotak atau rantangan. Beberapa menu makan memang enak disajikan secara hangat seperti sayur sop, sayur asem, soto ayam, baso hingga beberapa lauk pauk seperti ayam goreng dan perkedel. Buffet memang menyediakan wadah dan lilin parafin untuk memanaskan makanan hingga acara usai.

3. Menu buffet menyediakan sajian makanan dalam hitungan satu paket, sehingga memudahkan tuan rumah untuk menghitung porsi makanan dalam satu porsi besar dan tinggal menjumlahkan dengan data tamu undangan yang akan datang. Proses ini memudahkan dari pada menghitung berdasarkan printilan satu per satu sehingga membuat tuan rumah seringkali bingung.

4. Penyajian buffet juga memudahkan dalam memecah kerumunan tamu, ini adalah kelebihan penyajian menu buffet dibandingkan cara cara lain. Jika anda mengundang ratusan hingga ribuan tamu undangan, maka menu prasmanan yang biasanya disajikan dalam meja panjang bisa diatur sesuai dengan buffetnya sehingga bisa memecah kerumunan tamu. Misalnya buffet berisi makanan berat berada dalam satu meja, sementara minuman soda dan air mineral dalam buffet lain, kemudian makanan penutup juga berada dalam meja buffet lain.

5. Pola penyajian buffet di atas akan memudahkan tamu undangan untuk menghitung estimasi mengambil makanan secara efektif. Anda tidak akan melihat antrian tamu mengambil makanna yang biasanya panjang dan membosankan. Dengan mengatur makanan secara buffet akan memudahkan tamu menentukan pilihan singkatnya, misalnya jika melihat buffet makanan terlalu banyak antriannya, maka tamu bisa mengambil zuppa soup di meja buffet yang lain, efektif kan?

menu buffet kuliner

Sayangnya, beberapa penyajian menu-menu buffet dalam berbagai acara pernikahan atau syukuran seringkali hanya memikirkan menu menu makanan yang bisa dikonsumi oleh orang dewasa. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya contoh menu buffet dengan banyak bumbu, makanan berat, berbumbu asam dan bahkan berbumbu pedas.

Padahal seringkali tidak semua anak anak kecil menyukai menu-menu makanan dengan bumbu berat, dan bahkan mereka memiliki alergi pada beberapa jenis makanan. Beberapa orang tua juga menjaga anak anak kecil dari konsumsi bahan makanan dengan bumbu pedas menyengat serta menggunakan banyak pengawet dan pemanis buatan.

Beberapa contoh menu buffet yang banyak menggunakan pemanis biasanya adalah soda sehingga perlu dicarikan pengganti. Beberapa anak anak yang dilarang memakan makanan mengandung pemanis biasanya akan minum air mineral atau air sirup. Nah, ini perlu anda pikirkan jika ingin menyajikan menu makanan dalam acara acara pesta besar.

Menu Buffet Kurang Ramah Anak

Beberapa alasan terkuat mengapa menu prasmanan atau buffet jarang menyajikan menu ramah anak adalah karena fokus utama undangan biasanya pada orang orang dewasa. Padahal seperti yang dijelaskan pada beberapa pembahasan mengenai perhitungan prasmanan dan buffet, seringkali tamu undangan akan hadir dalam sebuah acara minimal mengajak keluarganya yang terdiri atas suami/istri dan biasanya satu anak mereka.

Alasan selanjutnya yang membuat tuan rumah dan pihak catering jarang menyajikan menu buffet ramah anak adalah bisa jadi lupa atau karena bukan tujuan utama. Tetapi beberapa beralasan bahwa menyajikan dua menu yang berbeda dalam satu penyajian akan merepotkan proses penyajian dan produksinya (proses memasak).

Lalu apakah menyajikan menu ramah anak pada buffet serumit itu? Sebenarnya tidak, menu ramah anak pada penyajian buffet sebenarnya tidak perlu dipisah dari menu utama. Beberapa malah dipaketkan dan yang lainnya dipisah dalam meja buffet tersendiri. Pastinya jika menu buffet ramah anak disajikan, menunya juga akan disantap oleh orang dewasa.

Misalnya saja jika dalam meja buffet disajikan menu fish and chips yang biasanya disukai anak anak. Apakah menu ini akan dikonsumsi oleh tamu undangan yang dewasa? Tentu saja. Nah, inilah yang dimaksud memasukkan menu ramah anak ke dalam sajian buffet tanpa mengubah menu utamanya.

Termasuka dalam penyajian menu menu netral seperti sayur sop, baso hingga soto juga menu ramah anak yang tidak perlu diberi tambahan topping yang berpotensi ditolak anak anak. Justru perlu diberikan olahan yang menjadi favorit anak-anak, misalnya memasukkan baso dalam bentuk bintang, sayur sop dengan isian sosi atau rollade dll.

Sajian Menu Buffet Reguler

menu buffet pesta

Kira-kira menu buffet apa saja yang berpotensi tidak dimakan oleh anak anak ketika disajikan kepada mereka? (tentu saja menu ini tidak akan berpengaruh ketika disajikan kepada tamu undangan dewasa). jadi yang perlu kita lakukan adalah tetap mempertahankan menu reguler ini, tetapi dengan aneka tambahan dan modifikasi agar beberapa menu ramah anak (sehingga ketika acara sajian makan tidak hanya orang tuanya saja yang makan, tetapi anaknya juga turut makan bersama).

Berikut beberapa contoh menu buffet yang perlu dimodifikasi atau disajikan dalam buffet yang berbeda, atau perlu diberikan tambahan topping tertentu agar disukai anak-anak:

1. Sayur sop baso atau sayur sop jagung. Menu ini ramah untuk semua baik orang dewasa ataupun anak-anak. Anda bisa mempertahankan menu ini dalam sajian acara pernikahan yang mengundang orang tua bersama anak-anak mereka.

2. Lauk pauk ayam saus manis atau ayam saus tiram. Mungkin menu ini disukai beberapa anak anak, tetapi ada juga yang tidak menyukai. Jika anda ingin menyajikan menu ayam bisa dipisahkan dengan bumbu sausnya. Memang agak ribet, tetapi metode penyajian buffet akan memudahkan proses penyajian ini.

3. Soto ayam atau soto sapi. Terutama pada beberapa soto yang mengandung minyak terlalu banyak perlu diperhatikan. Jika anda ingin menyajikan menu buffet soto ramah anak, anda bisa memisahkan wadah buffet antara kuah soto, sayur (kecambah, kol/kubis), bihun, serta aneka topping dalam wadah yang berbeda.

4. Sayur oseng-oseng, baik dalam bentuk sajian buffet sederhana atau dengan banyak bumbu. Bagi sebagian orang mungkin menu ini sangat enak, tetapi bagi anak anak belum tentu. Anda bisa pertahankan menu ini dan disajiakan dalam wadah yang berbeda.

5. Sayur sambal goreng. Nah namanya saja sayur pedas, maka menu ini perlu disajikan dalam wadah yang berbeda karena dikhususkan untuk orang tua. Lalu untuk anak anaka bagaimana? Nah anda bisa menyediakan menu buffet berupa lontong saur, opor ayam hingga sayur

Contoh Menu Buffet Ramah Anak

Bagaimana cara mensiasati penyajian menu buffet yang ramah anak, namun tetap bisa menyajikan menu reguler kepada tamu undangan umum. Nah, berikut cara dan strategi menyajiakn menu makanan ramah anak, baik dalam acara pesta besar maupun acara acara kecil:

1. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu cara terbaiknya adalah menyisipkan ke dalam menu utama. Sehingga sajian menu utamanya tidak akan terganggu. Anda bisa membuat sop ayam dengan olahan daging ayam, baso ayam atau baso ikan serta sossis yang dipotong kecil-kecil.

2. Selain itu, menu buffet ramah anak juga bisa diatur dengan menyajikan menu netral dalam wadah tersendiri. Misalnya anda menyajikan lontong opor, opor ayam, kare ayam hingga menu menu sederhana seperti nasi goreng atau bihun goreng.

3. Kemudian menu buffet ramah anak juga bisa disajikan dalam menu utama reguler tetapi wadah penyajiannya yang dipisah. Seperti contoh soto ayam di atas adalah cara terbaik dengan memisahkan kuah soto, sayur sayuran (kecambah dan kol/kubis), isian tambahan seperti suwiran daging ayam dan sambal yang terpisah serta kerupuk dalam wadah tersendiri.

4. Selain itu, anda juga bisa sediakan menu alternatif. Seperti air soda misalnya yang menjaid favorit orang dewasa bisa anda sandingkan dengan menu air sirup, maka anak anak nantinya bisa mengonsumsi air sirupnya saja.

menu buffet jakarta

Menu Menu Alternatif Buffet untuk Anak Kecil

Selain menggunakan cara dan strategi di atas, anda juga bisa menyajikan sendiri menu menu alternatif buffet untuk anak kecil sehingga mereka pun bisa menikmati sajian makan bersama dengan orang tuanya. Berikut beberapa menu-menu alternatif buffet yang bisa disajikan dalam gubuk tersendiri atau wadah buffet tersendiri:

1. Menu zuppa soup, menu satu ini digemari anak anak dan rasanya netral sehingga bisa dijadikan menu alternatif terutama menu gubukan.

2. Menu lauk pauk netral digoreng yang disajikan bersama menu utama atau menjadi menu lauk tersendiri. Misalnya adalah menu sossis goreng, menu rollade, menu tahu bakso. Menu menu ini bisa dimakan bersama menu reguler tetapi bisa dimakan sendiri. Enak kan akhirnya anak kecil bisa menikmati tahu bakso dan sossis sendiri.

3. Menu menu yang disajikan dalam buffet sendiri dan biasanya berbentuk snack. Misalnya snack tradisional seperti lemper, arem arem, tahu goreng hingga ampyang adala menu menu buffet yang ramah dengan anak. Anda juga bisa menyajikan menu menu snack modern seperti kue donat (siapa sih anak kecil yang tidak mau makan kue donat). serta kue kue kekinian yang tidak banyak mengandung makanan pemanis dan pengawet.