nasi box karisma by sofistika
nasi box karisma by sofistika

Nasi Kotak Premium Karisma menu SPESIAL
(Ayam Goreng Lengkuas, Pepes Tahu Teri, Jamur Cabe Garam, Tumis Jagung Muda, Sambal Bajak)
+ GRATIS Buah

Nasi Tumpeng Mulai Rp 750 Ribu per Nampan

Konsultasikan Kebutuhan Catering Anda Sekarang!


WA catering


Menu Catering Harian – Biasanya menu makan siang seorang pegawai kantor dibebaskan sesuai dengan kebijakan kantor atau makan menggunaan uang masing-masing. Ada juga kantor yang menyediakan kantin khusus karyawan sehingga para karyawannya tidak perlu susah payah mencari warung makan ketika jam makan siang tiba.

Namun, ada juga kantor yang dengan baik hati menyediakan menu catering harian bagi karyawannya, sehingga para karyawan akan mendapat jatah makan siang tetap (dan tentu saja uang makan akan langsung dipotong atau disubsidi oleh kantor).

Beberapa kantor membayar jasa catering untuk menyediakan menu catering harian yang telah ditetapkan, kemudian setiap harinya jasa catering akan mengantarkan paket paket makanan yang telah direncakan dan kemudian dibagikan kepada para karyawan.

Selain itu sistem pengerjaan menu catering harian kantor juga bisa dengan sistem kantin, artinya kantin tidak terbuka untuk umum hanya pegawai kantor itu saja. Sehingga jatah makan siang atau snack para karyawan bisa langsung diambil di kantin tersebut.

Pengelolaan kedua sistem di atas tentu saja membutuhkan strategi variasi menu cateriang harian agar para karyawan tidak bosan dengan menu makanan yang itu itu saja. Sementara berbagai faktor alasna lain perlunya perencanaan menu catering harian adalah soal gizi.

Bagi kantor yang concern dengan masalah kesehatan, maka susunan menu catering harian akan disesuaikan dengan pemenuhan gizi para karyawannya. Kantor kantor ini akan banyak menyediakan makanan bergizi, sumber protein, mineral dan berbagai buah dan sayuran pada menu catering hariannya agar para karyawan tetap semangat, produktif dan sehat selalu.

Hubungan Antara Menu Catering Harian dengan Semangat Kerja

Hubungan antara bahan makanan yang masuk ke dalam perut seseorang dengan produktifitas kerja memiliki keterkaitan yang sangat erat. Pada masalah yang sederhana, jika anda memiliki pegawai kantor yang setiap hari hanya makan nasi dan mie instan, tentu saja akan berpengaruh pada semangat kerjanya bukan?

Tentu saja menu makan seperti di atas juga tidak mencukupi kebutuhan gizi pada karyawan. Yang ada malahan karyawan anda akan sering sakit sakitan dan saking hematnya untuk makan. Oleh karena itu perusahaan yang cukup concern dengan masalah kesehatan karyawannya akan berusaha mengatur menu makan para karyawannya dengan sebaik-baiknya.

menu catering harian

Di berbagai negara maju telah diteliti bahwa jika seorang manusia banyak mengonsumsi makanan bergizi, kaya protein, kaya serat dan penuh vitamin akan meningkatkan produktifitas kerjanya. Penelitian ini ditambah dengan konsumsi air mineral 1,5 liter minimal setiap hari akan mendukung “baterai” semangat kerja hingga sampai sore hari.

Nah, ini menjadi alasan utama dan faktor pendorong agar kantor kantor yang telah menyediakan menu catering makanan untuk karyawnanya agar bisa mengatur menu catering hariannya dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Kalaupun kantor hanya bisa menyediakan 3 sehat saja, maka tugas karyawan selanjutnya untuk makan makanan sehat bergizi tambahan lainnya.

Kenapa Menu Makan Harian Perlu Variasi?

Coba anda bayangkan setiap pagi ketika akan berangkat kerja makan nasi goreng dengan telur selama 30 hari saja. Apa yang terjadi? Membosankan bukan? Nah selain itu angka kecukupan gizinya pun belum teratur karena hanya mengonsumsi karbohidrat dan protein saja, syukur syukur ada sayurannya yang menjadi tambahan asupan serat.

Kemudian ketika anda masuk kantor, menu snack yang disediakan juga berjenis itu itu saja. Misalnya setiap hari disediakan risol dan kopi tanpa ada variasi menu catering harian lannya. Apa yang anda rasakan? Membosankan bukan?

Nah inilah pentingnya untuk mengatur menu catering harian baik ketika disediakan kantor atau ketika anda membawanya dari rumah makanan untuk bekal makan siang.

Pengaturan menu catering harian di kantor dapat disesuaikan dengan budget perusahaan atau disesuaikan dengan kebutuhkan karyawan. Berikut strategi mengatur menu catering harian di kantor agar tidak membosankan tetapi tetap mencukup gizi karyawan:

1. Kebanyakan karyawan telah makan karbohidrat di rumah, baik dalam bentuk nasi putih atau roti. Anda bisa mengatur menu catering harian di kantor dengan memperbanyak protein atau serat, atau variasi nasi dan roti. Misalnya dengan menyediakan salad, menu ayam atau ikan dan kemudian bisa dicoba beras merah atau beras hitam organik.

2. Kebanyakan karyawan di rumah tentunya sudah sering mengonsumsi susu sapi. Untuk mengatur menu catering harian di kantor anda bisa mengatur penyediaan yogurt atau minuman berbahan dasar susu lainnya seperti yakult misalnya.

3. Kebanyakan karyawan di rumah juga sudah mengonsumsi gula dalam jumlah banyak (entah dicampur kopi atau teh), maka di kantor bisa disediakan gula rendah kalori agar paa karyawan anda tetap sehat.

Berbagai Menu Catering Harian Yang Bisa Anda Coba

Pada pembahasan selanjutnya akan dibahas menu menu catering harian yang bisa kantor sediakan untuk menu catering harian para karyawannya. Anda bisa menyediakan satu menu, divariasi dengan menu lainnya, atau menyediakan beberapa menu dalam satu kesempatan yang sama. Semua tergantung dengan budget kantor dan kebijakan kantor anda:

1. Menu makan capcay seafood. Nah menu ini bisa menjadi menu pengganti kebosanan. Karena biasanya orang kantor sering makan nasi, menggantinya dengan capcay berbahan dasar sea food akan memberi alternatif makanan baru. Selain itu juga menjadi penambah asupan serat karena bisa ditambah dengan sayur-sayuran.

2. Menu makan rendang. Menu ini sebenarnya bisa di dapat di rumah makan padang, tapi tidak semua orang bisa makan di rumah makan padang setiap harinya bukan? Nah dengan menyediakan menu catering harian berbahan dasar rendang bisa menciptakan suasana baru.

3. Menu ayam balado atau telur balado. Ini adalah menu favorit kalangan pegawai kantoran karena bisa menjadi penyemangat kerja.

4. Menu telur bali. Waw, siapa yang suka pedas-pedas. Menu catering harian dengan bahan dasar telur dan cabai ini akan menerbitkan selera makan pekerja kantoran ketika sumpek dengan masalah pekerjaan, hehe.

5. Menu makan opor ayam. Eits walaupun menu ini seringkali hanya dibuat ketika lebaran saja. Variasi menu makanan ini di meja kantin kantor anda akan memberikan variasi semangat baru. Apalagi jika anda berkenan mengganti menu nasi dengan menu ketupat, semakin lengkap menu opor ayam ya…

6. Menu makan bihun atau mie goreng juga bisa menjadi menu variasi penghilang jenuh di dalam menu catering harian kantor anda. Tentunya bisa diberikan variasi topping misalnya seafood, dicampur capcay atau diberikan suwiran ayam goreng atau bakso.

7. Menu sambal goreng ati. Ini juga bisa menjadi variasi menu catering harian kantor walaupun mudah ditemui di warung warung tegal.

8. Menu gorengan sehat. Nah ini tentu saja jenis gorengan yang berbeda dengan gorengan yang dijajakan di pinggir jalan. Anda bisa meminta penyedia jasa menu catering harian kantor anda dengan memperbanyak sayur sayuran di dalam gorengan, mengganti minyak sayurnya dengan yang lebih berkualitas.

menu catering harian

Berbagai Menu Catering Harian Dengan Rantangan

Nah, sesuai namanya rantangan atau dalam satu paket juga bisa menjadi opsi alteratif penyediaan menu catering harian di kantor anda. Sistem ini menyajikan menu makanan dalam satu paket yang berbeda setiap harinya sehingga dengan mudah anda bisa mengatur dan memasaknya (anda bia menyajikannya dalam bentuk prasmanan atau nasi kotak), berikut contohnya:

1. Senin,

menu makan: nasi putih dengan sayur lodeh, lauk rendang, krupuk, buah semangka dan air mineral.

2. Selasa,

menu makan: nasi beras merah, sop tahu, perkedel, sambal bawang, buah melon dan air mineral.

3. Rabu,

nasi putih, capcay ayam, ayam goreng, jeruk dan air mineral.

4. Kamis,

nasi putih, sambal ayam goreng, perkedel, buah pisang dan air mineral.

5. Jum’at,

nasi putih, separuh telur asin, soto ayam betawi, buah semangka dan air mineral.