nasi box karisma by sofistika
nasi box karisma by sofistika

Nasi Kotak Premium Karisma menu SPESIAL
(Ayam Goreng Lengkuas, Pepes Tahu Teri, Jamur Cabe Garam, Tumis Jagung Muda, Sambal Bajak)
+ GRATIS Buah

Nasi Tumpeng Mulai Rp 750 Ribu per Nampan

Konsultasikan Kebutuhan Catering Anda Sekarang!


WA catering


Menu Catering Sehat – Ada pepatah lama mengatakan bahwa tubuh yang sehat adalah tubuh yang diberikan asupan makanan yang bergizi dan seimbang. Sementara pepatah lain mengatakan bahwa sumber penyakit terbesar manusia letaknya ada di perut (saluran pencernaan).

Kedua pepatah di atas, atau lebih tepatnya kata kata bijak sebuah nasehat mempunyai relasi yang saling berkaitan. Jika seorang manusia mampu menjaga perutnya dengan asupan makanan makanan yang bergizi dan sehat, maka akan berkorelasi dengan jiwa dan tubuh yang sehat.

Sementara begitu juga sebaliknya, mereka yang asal makan dan minum, mengandalkan makanan cepat saji dan mengandalkan kemauan lidah saja. Maka potensi ancaman penyakit akan jauh lebih banyak ketimbang mereka yang mengatur makanan sehat dalam menu catering sehat hariannya.

Itulah mengapa pada masa modern ini, gaya hidup sehat merupakan trend baru yang mengkampanyekan manusia untuk mengatur menu catering sehat dalam makanan sehari hari mereka, memperbanyak sayur dan buah buahan serta rutin mengonsumsi air minimal 1,5 liter per harinya.

Tubuh Memerlukan Asupan Makanan Sehat

Di indonesia hingga sampai saat ini, ancaman potensi penyakit penyakit degeneratif yang diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat masih menjadi ancaman. Masyarakat Indonesia masih terbiasa menjalankan gaya hidup tidak sehat seperti makan sembarangan, lebih memilih makanan instan (junk food), sering merokok dan jarang berolahraga.

Enggannya masyarakat Indonesia untuk mengatur menu catering sehat dalam pola hidupnya disebabkan karena minimnya kesadaran, belum tahu resiko penyakit gaya hidup tidak sehat, serta biasanya memiliki kemauan yang susah untuk dibendung.

menu catering sehat

Biasanya orang akan permisif dengan sebutan “gaya hidup sehat” karena berkaitan dengan gaya hidup vegetarian atau gaya hidup terbatas yang membatasi pola makan atau gaya makan seseorang.

Padahal pola hidup sehat tidak sesempit itu, pola hidup sehat bisa diterapkan siapapun dan kapanpun tanpa harus melakukan diet-diet khusus. Bagi mereka yang sudah terkena ancaman penyakit atau potensi sebuah penyakit, maka mengatur menu catering sehat dalam asupan makanannya menjadi sebuah kewajiban.

Trend trend gaya hidup sehat seperti vegetarian, diet karbo, hingga JSR yang dipopulerkan kalangan muslim merupakan bagian pengembangan saja dari gaya hidup sehat. Karena sejatinya gaya hidup sehat masih bertumpu pada penyediaan asupan 4 sehat 5 sempurna dan juga disertakan dengan olah fisik (olahraga) yang cukup.

Berikut beberapa faktor penting kenapa tubuh memerlukan pengaturan menu catering sehat dalam sajian meja makan kita:

1. Pola makan manusia Indonesia dewasa ini lebih banyak didominasi karbohidrat alias glukosa (belum termasuk gula dalam minuman). Dalam jangka panjang glukosa yang tidak diimbangi dengan penyedian serat buah dan serat sayur, serta protein akan menyebabkan ancaman penyakit degeneratif.

2. Tubuh yang terbiasa mengonsumsi makanan instan (kalengan, mie instan dan junk food) akan menjadi timbunan lemak alias sampah kolesterol di dalam pembuluh darah. Dalam jangka panjang ancaman timbunan lemak ini bisa menjadi stroke, jantung koroner hingga kematian.

3. Selain asupan makanan, tubuh yang jarang mengonsumsi air putih (biasanya orang lebih suka kopi, teh dan beberapa malah sering mengonsumsi soda) dalam jangka panjang akan berpengaruh pada kesehatan ginjal yang mengancam kondisi kehidupan manusia.

Menjadi Vegetarian atau Memulai Gaya Hidup Sehat

Pola hidup menjadi vegetarian, mengikuti JSR, atau diet karbo sebenarnya sah sah saja sebagai bagian dari upaya mengatur menu catering sehat di dalam pola makan hidup anda. Satu hal yang mesti dipastikan adalah mengubah pola makan menjadi gaya hidup sehat bukan hanya memindahkan merk merk makanan atau bahan makanan, melainkan memperhatikan asupan gizi yang cukup tanpa perlu makan makanan yang mngandung banyak pengawet, pemanis dan penyedap rasa.

Sebuah kisah kuno dari Afrika mengatakan bahwa kasus kasus penyakit degeneratif (seperti kanker, diabetes, stroke dll) jarang sekali dijumpai di afrika (endemi penyakit di afrika lebih banyak didominasi penyakit dari hewan seperti ebola misalnya, dan bukan pnyakit gaya hidup).

Kenapa bisa jarang dijumpai penyakit degeneratif alias penyakit gaya hidup? Kuncinya ternyata orang orang afrika di pedesaan lebih banyak mengonsumsi bahan bahan makanan sayuran dan buah buahan mereka dalam kondisi fresh (alias minim pengawet).

Ini juga ditunjang gaya hidup orang afrika yang terbiasa melakukan gerakan fisik, mereka berjalan kaki ke sekolah, mereka terbiasa berlari jauh dan terbiasa bersepeda ke kota kota lain.

Ini bisa menjadi pertimbangan beberapa langkah penting dalam menyusun gaya hidup sehat selain dengan mengubah asupan makanan:

1. Pertama-tama mengubah menu catering sehat dalam asupan makanan anda bisa dilakukan secara perlahan-lahan, misalnya mengganti beras putih menjadi beras merah seminggu dua kali.

2. Kedua bisa juga memasukkan salad atau lalapan ke dalam makanan-makanan berat anda.

3. Mengurangi konsumsi teh dan kopi dari setiap hari menjadi dua hari sekali, atau sehari sekali di waktu pagi saja.

4. Bagi anda yang mempunyai uang lebih bisa menggati asupan gula murni anda dengan gula kalori jagung sehingga bisa mengurangi over glukosa di dalam tubuh anda.

5. Jadwalkan olahraga minimal seminggu sekali. Bisa dimulai dari olahraga paling ringan yaitu jalan kaki, kemudian meningkat menjadi olahraga lari dan bisa kemudian bersepeda.

Mengatur Pola Makan dari Rumah

menu catering sehat

Pada tahapan selanjutnya, mengolah menu catering sehat dapat diawali dengan mengubah menu sarapan, makan siang atau makan malam anda dan keluarga. Sesuai dengan panduan dan pedoman di atas, anda bisa mengganti beras putih menjaid beras merah atau roti atau roti gandum. Berikut beberapa strategi mengatur menu catering sehat di rumah:

1. Di hari pertama, bisa mulai mengubah beras putih dengan beras merah, ditambah lauk telur rebus atau sandwich daging dan sayur rebus plus air putih.

2. Pada hari kedua, anda bisa mulai mengubah mengurangi nasi dengan menggantinya dengan makan ala orang barat yaitu roti gandum. Anda bisa membeli roti gandum, kemudian diolesi alpukat, salad dari daging ayam dan segelas air putih atau segelas air teh di pagi hari.

3. Pada hari ketiga, anda bisa mengubah menu catering sehat menjadi lebih variatif dengan menu makan sereal atau oatmeal. Sereal atau oatmeal ini kaya akan serat tetapi tetap bisa menutrisi tubuh anda. Oatmeal bisa ditambahkan beberapa potongan buah buahan, kemudian bisa juga dipadukan dengan sayur sop.

4. Pada hari selanjutnya anda bisa mengubah menu catering sehat dengan yoghut, smoothies strawberry dan oseng-oseng berbahan dasar tempe atau tahu dengan suwiran sayur-sayuran.

5. Pada hari selanjutnya anda sudah bisa mulai berkreasi misalnya dengan menu salad, sandwich sehat dan juga english muffin dengan minuman air mineral atau kopi dengan sedikit gula.

Memilih Menu Catering Sehat di Rumah dan di Kantor

Bagi anda yang tinggal di jakarta, seperti di jakarta selatan dan sekitarnya saat ini sudah banyak terdapat restauran dan rumah makan yang menyediakan menu catering sehat.

Catering sehat jakarta selatan bisa ditemui melalui aplikasi go-food atau gojek sehingga anda tidak perlu repot-repot memasak salad di pagi hari, atau sibuk mencari roti gandum di supermarket yang membuat sabtu minggu anda menjadi tidak tenang.

Catering sehat jakarta selatan dijajakan melalui kedai food truck yang biasanya mangkal di pinggir jalan, mereka biasanya menawarkanmenu sandwich dengan salad, oseng-oseng tahu atau tempe. Sementara di kalangan kafe mereka menawarkan english muffin atau kopi dan teh rendah gula.

Bagi anda yang suka eksplorasi, menu catering sehat jakarta selatan juga biasanya dibuat home made karena bebeapa orang memesan secara lebih spesifik misalnya ingin dibuatkan sandwich daging dan juga bakpau rebus.