Nasi Langgi – Apakah anda pecinta kuliner atau traveller yang suka jalan jalan dan menikmati sajian kuliner baru? Cobalah untuk berjalan jalan keliling Indonesia dan menikmati sajian makanan lokal yang berbeda dengan makanan nasional.

Jika anda tidak mempunyai tabungan yang banyak jangan khawatir, wisata kuliner bisa dilakukan di dalam satu pulau yang sama. Misalnya anda berasal dari Bogor tinggal jalan jalan aja ke jawa tengah, jogja dan jawa timur. Murah meriah hanya menggunakan bis antar kota saja bisa.

Selain itu jangan khawatir soal tempat tinggal, anda bisa memesan hotel kelas kecil atau penginapan yang tergabung di aplikasi pemesanan hotel yang biasanya mengadakan promo menginap dengan banyak diskon. Ajaklah kawan kawan karib anda, pergi ke kota lain dan menginap sehari atau dua hari saja, lalu rasakan wisata kuliner dengan mencicipi makanan lokal.

Jika anda pergi ke jawa bagian timur, maka anda bisa menikmati rawon khas surabaya, nasi krawu surabaya, nasi sambal udang surabaya, pecel lele khas lamongan, soto lamongan. Sementara jika berkeliling jawa tengah, jangan lupa makan nasi langgi khas semarang, nasi liwet khas solo, sarapan selat solo. Kemudian bergeser ke jogja anda bisa menikmati aneka variasi gudeg, opor ayam, sate klatak khas bantul, tiwul ayu bantul hingga sajian keripik belalang khas gunungkidul.

Selain menikmati sajian kuliner, anda juga bisa mencoba wisata tempa tempat baru yang belum familiar. Cobalah untuk mengunjungi cagar budaya setempat, mengunjungi situs sejarah terkenal, mengunjungi spot foto favorit, mengunungi sekolah terbesar yang menjadi ikon, foto di depan balaikota, atau foto foto di depan masjid besar atau gereja terbesar di kota tersebut. Sehingga kunjungan anda tidak melulu hanya menghabiskan diri di pegunungan atau pantai seharian tanpa mendapat manfaat baru apapun.

Jika anda sudah sering berkeliling dan mencoba menu menu kuliner seperti nasi langgi, nasi krawu, nasi gudeg dan sate klatak. Maka biasanya akan mendapat inspirasi untuk membuat sendiri di rumah, mencari bahan bahannya sendiri, kemudian memasaknya dan memamerkan kepada teman teman melalui media sosial.

Beberapa orang bahkan kemudian berkeinginan untuk berbisnis kuliner kuliner lokal tersebut, beberapa menjadikan menu catering untuk dijual secara personal ke personal (mulut ke mulut), sementara yang lain ada juga yang serius dan kemudian menjadikan menu catering dalam jumlah besar.

Beberapa jasa catering pernikahan besar bahkan memiliki aneka menu kuliner lokal untuk ditawarkan kepada klien. Misalnya nih anda orang bogor yang mendapat calon orang semarang. Lalu kemudian ketika mengadakan resepsi di bogor dan ingin menyajikan nasi langgi ke dalam menu pesta resepsi tentu saja bisa karena telah banyak jasa catering mampu membuat makanan lokal dengan harga terjangkau.

Misalnya saja harga nasi langgi untuk catering catering pernikahan ternyata harganya setara dengan menu menu reguler yang disajikan. Jadi alih alih menyajikan menu mneu makanan reguler yang mungkin saja semura orang bosan memakannya, anda bisa menyajikan makanan lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

Coba bayangkan saat anda mengadakan pesta resepsi pernikahan, kemudian anda tidak menyajikan makanan seperti biasanya nasi goreng, nasi putih, sayur sop, ayam goreng, bihun goreng. Akan tetapi anda menyediakan makanan khas daerah daerah di seluruh Indonesia seperti nasi langgi, nasi krawu, nasi rawon, sate klatak dan bahkan hingga gudeg jogja.

Soal biaya bagaimana? Tenang saja, harga nasi langgi, harga nasi krawu hingga harga nasi rawon tetaplah sama. Satu hal yang membedakan hanyalah menu makanan ini tidak diolah di semua daerah, jadi pesta resepsi anda seperti menyajikan kenangan bagi tamu undangan untuk mencicipi berbgaia hidangan khas nusantara. Tentu saja ini akan menjadi kenangan bagi tamu undangan yang kebetulan berasal dari daerah makanan yang anda sajikan, yang dari jawa timur akan merasa tersanjung dengan adanya rawon, yang dari semarang juga tersanjung dengan hadirnya nasi langgi.

Bagaimana bentuk sebenarnya nasi langgi?

nasi langgi enak

Nah, salah satu menu makanan khas daerah yang bisa anda sajikan dalam perayaan pesta pernikahan, pengajian, syukuran dan berbagia acara formal lainnya adalah nasi langgi khas semarang. Seperti yang telah dijelaskan di atas, harga nasi langgi ini sama dengan menu menu reguler lainnya loh, jadi bisa dipastikan ketika anda menginginkan nasi langgi menjadi sajian makan akan mudah untuk dibuat.

Lalu bagaimana sih bentuk dan bahan bahan untuk membuat nasi langgi khas semarang ini dan berapa kira kira biaya produksinya? Nah inilah rinciannya:

1. Pernah melihat nasi tumpeng atau nasi krawu di surabaya? Nah bentuk nasi langgi khas semarang mirip mirip dengan dua jenis makanan tersebut. Perbedaan utamanya jika nasi tumpeng dibentuk seperti tumpeng dari bahan nasi kuning, sementara nasi langgi bewarna putih.

2. Sementara perbedaan antara nasi langgi khas semarang dengan nasi krawu surabaya terletak pada komposisi bahan lauk lauk yang mendampingi ketika disajikan. Nasi krawu lebih banyak diberikan lauk orek tempe dan abon. Sementara nasi langgi lebih banyak diberikan lauk pauk yang beraneka ragam dibandingkan dengan nasi krawu.

3. Bentuk nasi langgi ternyata tidak selalu berbentuk konvensional, itu sebabnya banyak yang bilang nasi langgi khas semarang, ada yang bilang dari khas jember dan ada yang bilang dari khas solo. Jika anda menjumpai nasi langgi khas solo atau semarang biasanya bentuknya mirip mirip makanan khas jawa tengah jogja dimana perpaduan telur rebus dan lauk pauk bersantan manis lebih mendominasi. Sementara jika ada yang menyajikan nasi langgi khas jember biasanya lauknya diberikan sambal, sambal goreng dan serundeng pedas.

4. Bahan bahan pembuatan nasi langgi yang sangat khas adalah nasi ini dibentuk dari proses poduksi yang melibatkan bahan bahan rempah, santan dan diberikan asam jawa. Memang sekilas terlihat sama dengan nasi uduk, nasi liwet atau nasi krawu, akan tetapi secara mendetail proses pembuatan nasi langgi terlihat berbeda. Adanya santan dalam proses pengukusan akan memberikan kesan mirip nasi uduk dan nasi liwet. Sementara rempah rempah akan memberikan kesan seperti nasi kebuli. Campur campur kan?

5. Sementara bagaimana lauk pauk nasi langgi apakah berbeda dengan lauk pauk jenis lain? Nah pada beberapa proses penyajian masyarakat ada yang menyamakan jenis lauk pauk nasi langgi. Sementara yang lain mereka memiliki pakem khusus untuk menyajikan nasi langgi. Beberapa jenis lauk yang biasa disajikan untuk nasi langgi antara lain: sambal goreng kentang, sambal goreng ati, telur dadar, telur bacem, tahu dan tempe bacem, daging serundeng (abon), kerupuk udang dan lalapan seperti mentimun.

Apa bedanya nasi langgi dengan nasi tumpeng?

Beberapa orang masih merasa bingung dalam membedakan apa itu nasi langgi dengan nasi tumpeng, sementara yang lain bingung membedakan antara nasi langgi dengan nasi uduk. Memang realita di lapangan seringkali menu menu tersebut tercampur, baik dari segi penyajian maupun lauk pauk yang disajikan. Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa dijadikan wawasan untuk membedakan perbedaan nasi langgi dengan nasi tumpeng dan nasi uduk, berikut perbedaannya:

1. Nasi langgi dan nasi tumpeng secara penyajian biasanya berbeda dalam hal bentuk gunung. Rata rata nasi langgi tidak disajikan dalam bentuk gunungan (walaupun beberapa ada yang juga menyajikan dalam bentuk gunungan), sementara nasi tumpeng sebaliknya lebih sering disajikan dalam bentuk gunungan.

2. Rasa dan tekstur nasi langgi dengan nasi tumpeng berbeda. Jika nasi tumpeng diolah dari nasi kuning (beras dan kunyit), sehingga rasanya sama seperti nasi putih biasa tapi hanya bewarna kuning. Lalu bagaimana dengan nasi langgi? Rasa nasi langgi lebih mirip nasi uduk dan nasi kebuli, karena dimasak dengan santan maka rasa nasi langgi seperti nasi uduk. Nah, karena dimasak dengan rempah rempah juga jadi berasa seperti nasi kebuli.

3. Penyajian bentuk nasi tumpeng biasanya konevnsional dimana nasi di tengah dan lauk pauknya mengitari di sekelilingnya. Sementara nasi langgi disajikan dengan cara seperti nasi tumpeng dan juga dengan cara lain seperti ala kadarnya anda beli makanan di warung-warung.

4. Kemudian lauk pauk yang disajikan antara nasi langgi dengan nasi tumpeng juga berbeda jauh. Lauk pauk nasi tumpeng sangat khas seperti irisan telur dadar, orek tempe (tempe teri), lalapan mentimun, tahu dan tempe bacem serta kerupuk. Sementara lauk pauk nasi langgi lebih cenderung bebas seperti telur dadar, telur rebus, abon sapi, abon kelapa, tahu dan tempe bacem, bistik, kering kentang, kering tempe, sambal goreng kentang atau sambal goreng ati, serta kerupuk udang.
Bagaimana cara membuat nasi langgi khas daerah Solo?

porsi nasi langgi

Cara Membuat Nasi Langgi

Nah, di antara berbagai jenis nasi langgi khas daerah di Indonesia, nasi langgi khas solo inilah yang terkenal karena konon katanya nasi langgi khas solo dibuat dari budaya bangsawan kraton solo, menarik kan? Jadi jika anda ingin mencicipi menu kuliner khas bangsawan solo selain bisa berkunjung ke kota solo juga bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Tenang saja, cara membuat nasi langgi di rumah sangatlah mudah sekali. Berikut bahan bahan dan langkahnya yang perlu disiapkan:

1. Bahan bahan pembuatan menu nasi langgi khas solo: 400 gram beras, 2 batang serai 700 mili santan, lengkuas, dan 1 sendok garam.

2. Bahan bahan pembuatan bumbu halus: 1 sendok ketumbar, 4 butir bawang merah dan 2 butir bawang putih

3. Bahan bahan sambal goreng: siapkan udang 250 gram, iris tipis tipis bawang putih, iris tipis tipis bawang merah, iris cabai merah besar, siapkan 2 lembar daun salam, 1 lengkuas, 1 sendok garam, 1 sendok gula dan minyak.

4. Bahan pelengkap lalapan dan lain lain: 2 sendok bawang goreng, 2 sendok tempe kering, 2 butir telur, kemangi, dan satu buah mentimun.

Kemudian berikut ini adalah cara membuat nasi langgi dari tahap awal hingga tahap akhir:

1. Masukkan santan ke dalam panci, didihkan santan kemudian masukkan bumbu halus, serai dan lengkuas. Masukkan beras dan aduk sampai matang, jangan lupa diberikan garam secukupnya. Kukus di atas api yang tidak terlalu besar sampai kira kira 30-45 menit.

2. Panaskan minyak dan kemudian tumis bawang merah dan putih, cabai serta lengkuas, masukkan udang. Cara ini untuk membuat sambal goreng udang. Kemudian tambahkan gula merah dan sedikit santan masak di atas api sampai matang dan bumbu meresap.
3. Taraa, menu nasi langgi sudah siap untuk dinikmati. Anda bisa sajikan nasi langgi dalam bentuk tumpeng atau disajikan seperti biasa.

Berapa harga nasi langgi jika dijual di pasar dan di rumah makan?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, harga nasi langgi sama seperti menu menu reguler lainnya. Harga nasi langgi sama dengan harga nasi goreng atau nasi campur yang dibeli di warung-warung. Harga nasi langgi bisa jadi lebih tinggi jika anda memesan banyak menu untuk dimasukkan semisal sambal goreng ati, sambal goreng udang hingga meminta abon sapi (biasanya juga bisa pakai abon kelapa).