nasi box karisma by sofistika
nasi box karisma by sofistika

Nasi Kotak Premium Karisma menu SPESIAL
(Ayam Goreng Lengkuas, Pepes Tahu Teri, Jamur Cabe Garam, Tumis Jagung Muda, Sambal Bajak)
+ GRATIS Buah

Nasi Tumpeng Mulai Rp 750 Ribu per Nampan

Konsultasikan Kebutuhan Catering Anda Sekarang!


WA catering


Pesan nasi tumpeng dalam acara acara formal maupun informal di Indonesia adalah hal umum dan biasa. Bahkan masyarakat lebih memilih untuk menyajikan nasi tumpeng agar terlihat sakral dan menghormati budaya ketimbang membeli jenis makanan lain.
Membeli nasi tumpeng pun sekarang mudah, bisa dipesan lewat jasa pengantaran, jasa antar jemput catering, atau bahkan membuat sendiri dengan panduan resep-resep yang dengan mudah ditemukan di internet.

Memilih nasi tumpeng dibandingkan dengan jenis sajian lain karena memiliki variasi lauk pauk serta biasanya karena faktor budaya itu sendiri. Variasi lauk pauk yang dipilih dalam makanan nasi tumpeng juga tidak harus satu jenis melulu, anda bisa memilih banyak variasi lauk pauk di dalam menu sajian tumpeng agar tidak membosankan.

Penyajian nasi tumpeng sendiri sekarang juga tidak setradisional dulu, jika dahulu hanya berbentuk tumpeng gunungan dengan warna kuning serta jenis lauk yang hanya beberapa jenis. Maka dalam pesan nasi tumpeng di kota kota besar saat ini telah banyak mengalami variasi.

Anda bisa memasukkan menu menu baru di dalam sajian nasi tumpeng, misalnya dengan mengganti ayam goreng / ingkung dengan sajian ayam kremes, ayam bakar atau ayam kecap. Hal ini diperbolekan agar variasi makanan tidak membosankan para tamu.

Selain itu pemilihan nasi tumpeng dalam sebuah acara juga dikaitkan dengan misi khusus, misalnya nasi tumpeng erat kaitannya dengan rasa syukur atau puja puji kepada Tuhan karena telah diberikan kesehatan, keberkahan hingga keselamatan.
Oleh karena alasan tersebut, biasanya penyajian nasi tumpeng disajikan dalam acara syukuran, tasyakuran atau acara acara yang berhubungan dengan syukur seperti besih desa, pulang dari naik haji atau syukuran khitan dan syukuran nikahan secara sederhana.

pesan nasi tumpeng cinta

Mengapa Memilih Tumpengan?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, memilih pesan nasi tumpeng dalam acara acara memiliki misi khusus tersendiri, selain itu juga ada bahan pertimbangan lain seperti ekonomi, sosial dan budaya misalnya. Berikut beberapa pertimbangan khusus memesan nasi tumpeng dalam acara acara formal dan informal:

1. Memesan nasi tumpeng biasanya bertujuan merayakan rasa syukur kepada Tuhan. Oleh karenanya penyajian nasi tumpeng di acara formal kantor biasanya ditujukan untuk ulang tahun kantor, penyambutan direktur baru, ulang tahun pimpinan atau perayaan setelah mendapat klien besar.

2. Memesan nasi tumpeng biasanya diakhiri atau diawali dengan acara doa bersama memohon keselataman, kesyukuran serta doa doa harapan yang baik untuk kedepannya.

3. Memesan dan menyajikan nasi tumpeng dalam acara acara formal dan informal mengindikasikan bahwa secara tradisi budaya kita ingin dibilang melestarikan adat istiadat.

4. Secara ekonomi, memesan nasi tumpeng jauh lebih hemat ketimbang memesan masakan menu modern yang biasanya membutuhkan banyak proses dan aneka rupa penyajian.

5. Jika anda tinggal di pedesaan atau pinggiran kota, memesan nasi tumpeng akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Karena dengan memesan nasi tumpeng pada catering catering kecil akan membuat mereka berbelanja ke pasar pasar tradisional.

6. Pesan nasi tumpeng di desa-desa atau pinggiran kota juga akan menjadikan anda mempunyai kewajiban untuk membagikan nasi tumpeng kepada tetangga sekitar. Itulah mengapa dalam acara syukuran dan pengajian, biasanya dibagikan nasi tumpeng dalam wadah yang lebih kecil kepada tetangga sekitar.

Membuat Tumpengan Sendiri atau Pesan Nasi Tumpeng?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa memesan nasi tumpeng bisa dilakukan dengan memesan jasa catering atau membuat sendiri dengan resep yang telah banyak beredar di internet. Jika anda ingin hal hal yang praktis, maka pesan nasi tumpeng di jasa catering adalah pilihan terbaik.

Tetapi jika anda ingin berkreasi dengan banyak menu atau ingin mencoba sendiri, maka membuat nasi tumpeng sendiri juga bisa. Bahan bahan pembuatan nasi tumpeng pun mudah didapat seperti beras, kunyit, aneka lauk, anek sayur dan sama sekali seperti ketika kita memasak masakan di dapur.

Beberapa keuntungan ketika anda memasak nasi tumpeng sendiri ketimbang memesan jasa catering:

1. Membuat nasi tumpeng sendiri akan memberikan pengalaman baru bagi anda dengan menu menu baru.

2. Membuat nasi tumpeng sendiri memberikan kesempatan untuk memasukkan menu menu yang anda sukai. Misalnya anda ingin memasukkan ayam kremes juga bisa atau diganti dengan ayam geprek juga bisa.

3. Membuat nasi tumpeng sendiri akan memberikan kesempatan kepada anda untuk mengukur jumlah tumpeng yang dibuat sesuai dan pas dengan tamu yang akan diundang. Biasanya beberapa orang memisahkan pembuatan tumpeng besar untuk acara seremonial (pemotongan tumpeng), sementara untuk makan makan menggunakan tumpeng kecil kecil yang dibuat secara banyak.

Variasi Nasi Tumpeng dan Lauknya

Nah, pembuatan tumpeng sendiri seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Ternyata tidak harus saklek berbentuk gunung dengan warna kuning saja. Mungkin jika anda tinggal di desa yang masih tradisional akan mempertahankan bentuk dan warna tersebut.

Tetapi jika anda tinggal di kota bisa melakukan banyak variasi, misalnya menggunakan bentuk kerucut, tumpeng bertingkat atau mengubah nasi kuning menjadi nasi hijau atau nasi putih saja juga bisa. Berikut ada rekomendasi tiga bentuk variasi nasi tumpeng yang bisa anda pesan:

A. Tumpeng robyong. Pesan nasi tumpeng jenis ini berbentuk tumpeng kerucut besar dengan isian lauk aneka rupa dan aneka sayur yang mengitarinya. Tumpeng jenis ni biasanya disajikan untuk acara syukuran, tasakuran atau pengajian.

B. Tumpeng nujuh bulanan. Pesan nasi tumpeng jenis ini berbentuk tumpeng kecil dengan banyak jumlahnya sekitar dua hingga lima dikitari aneka lauk dan sayuran. Biasanya ditujukan untuk acara acara selamatan keluarga seperti bayi baru lahir atau khitan.

C. Tumpeng pungkur. Pesan nasi tumpeng ini berbentuk dua buah tumpeng gunungan yang diletakkan sejajar. Penyajian nasi tumpeng jenis ini sebagai tanda duka cita alias perpisahan dengan orang yang telah meninggal. Tumpeng jenis ini biasanya disajikan dalam acara tahlilan, sepuluh harian atau memperingati kepergian seseorang.

D. Tumpeng kuning. Ini adalah jenis tumpeng biasanya berbentuk kerucut dengan warna nasi kuning dikelilingi aneka lauk dan sayuran. Biasanya melambangkan kesejahteraan, kekayaan dan rasa senang. Biasanya disajikan dalam acara besar seperti bersih desa, ulang tahun kantor, pimpinan baru atau pembangunan gedung.

E. Tumpeng modern, biasanya pesan nasi tumpeng jenis ini berdasarkan kesukaan pemesannya. Tidak ada filosofi khusus, anda bisa mengubah bentuk tumpeng yang akan disajikan, mengisi aneka sayuran sesuai minat anda dan mengganti lauk sesuai dengan keinginan anda.

F. Selanjutnya berikut beberapa isian nasi tumpeng atau aneka sayuran yang bisa anda masukkan ke dalam sajian nasi tumpeng: mie goreng, ayam goreng, bihun goreng, aneka urap, tahu dan tempe bacem, gembus bacem, sambal goreng ati, sambal goreng kentang, krupuk udang, ikan asin, perkedel dan aneka jenis sambal.

Variasi Harga Nasi Tumpeng

pesan nasi tumpeng 1

Pesan nasi tumpeng juga disesuiakn dengan budget yang anda sediakan. Jika di desa dan kota kecil memesan nasi tumpeng bisa sangat murah sekali. Maka di kota besar pemesanan nasi tumpeng disesuaikan dengan jenis menu yang anda inginkan dan juga jumlah pesanan.

Teorinya adalah semakin banyak anda memesan dan semakin ramai aneka sayur dan lauk yang anda inginkan, maka pesan nasi tumpeng akan semakin mahal. Berikut kisaran variasi harga nasi tumpeng di jakarta:

1. Nasi Tumpeng Sederhana: nasi tumpeng ini dibanderol seharga Rp500.000 untuk sekitar 20 porsi orang makan. Isiannya antara lain nasi tumpeng kuning besar, ayam goreng, orek tempe, telur dadar, serta telur balado.

2. Nasi Tumpeng Hemat: nasi tumpeng ini dibanderol dengan harga yang sama Rp500.000 dengan isian lebih sedikit yaitu ayam goreng, orek tempe dan irisan telur dadar.

3. Nasi Tumpeng Klasik: pesan nasi tumpeng jenis ini dibanderaol seharga Rp900.000 untuk 20 porsi. Isiannya antara lain nasi kuning, ayam goreng, sambal goreng kentang dan ati, empal goreng, telur balado, urap dan serundeng.

4. Nasi Tumpeng Pipih: pesan nasi tumpeng ini bisa lebih murah yaitu sekitar Rp200.000 untuk 5 porsi makanan. Isiannya sama nasi kuning, ayam goreng, perkedel dan serundeng. Cocok untuk anda yang tidak ingin repot repot.

5. Nasi Tumpeng Pincuk: pesan nasi tumpeng jenis ini juga lebih murah karena nasinya dipincuk kecil kecil (alias tidak ditumpeng) seharga Rp100.000 untuk lima porsi dengan isiannya ayam suwir, irisan telur, serundeng dan aneka urap.

Cara Pesan Nasi Tumpeng di Jakarta

Jika anda ingin memesan nasi tumpeng di jakarta, perhatikan beberapa hal berikut ini agar anda tidak salah memesan vendor pembuatan nasi tumpeng.

1. Cari vendor yang menyediakan aneka paket menu nasi tumpeng sehingga anda bisa memilih sesuai dengan budget anda. Minimal menu seperti contoh di atas bisa memberikan kesempatan bagi anda memilih yang termurah hingga termahal.

2. Cari vendor yang profesional, biasanya mereka akan mewajibkan 50% uang muka dan sisanya ketika tumpeng sudah dikirim. Jangan langsung mentransfer 100 persen uang di depan.

3. Cari juga yang biasanya memiliki free ongkos kirim, lumayan kan free ongkir karena anda bisa menggunakannya untuk membeli air mineral atau snack lain.