Snack Asin – Siapa disini yang tidak suka dengan camilan snack? Hampir bisa dipastikan 99% orang Indonesia sangat suka makan camilan snack. Baik membeli di supermarket, toko kelontong, eceran di pedang keliling hingga membeli grosir dalam jumlah besar.

Snack sendiri dalam bahasa Indonesia disebut dengan kudapan yang artinya merupakan makanan kecil (bukan makanan berat) sebagai pengganjal perut yang menjadi menu pendamping minum teh, kopi atau minuman lain dan disantap sambil santai.

Sementara istilah snack sendiri diambil dari bahasa Inggris, terutama dari kebudayaan Inggris yang mempunyai tradisi “morning tea” atau “tea time”, dimana orang orang bangsawan Inggris sering minum teh di sore hari sambil makan snack (makanan kecil), duduk santai sambil bercengkerama dengan keluarga.

Istilah ini diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kudapan yang kemudian menjadi makanan pendamping bukan hanya saat santai saja, tetapi juga makanan pendamping saat rapat maupun mengerjakan tugas.

Walauapun kudapan atau snack disebut makanan pendamping, nyatanya banyak orang Indoensia makan snack seperti makan makanan pokok. Menghabisan satu bungkus, satu kaleng dan mungkin satu kantong besar snack yang dibeli secara grosir.

Kebiasaan ini mungkin lumrah karena variasi makanan snack di Indonesia sangatlah banyak. Jika liburan tiba, maka promo promo makanan snack dari jenis snack pedas, snack asin, hingga snack aneka rasa bertaburan di televisi, koran bahkan di media sosial dan kemudian dapat dengan mudah ditemukan di supermarket dan toko kelontong.

Produksi snack snack ini sendiri ternyata tidak didominasi pabrik pabrik besar saja, tetapi kalangan industri rumahan juga ternyata terbiasa membuat snack dalam ukuran kecil maupun grosir serta biasanya banyak menawarkan rasa rasa baru.

Jika anda masuk ke supermarket, maka variasi snack snack yang ditawarkan biasanya terbatas hanya pada snack pedas, snack asin hingga snack manis. Sementara jika anda mencari variasi snack industri rumahan, anda bisa menukan snack asin manis, snack asam manis, snack pedas asin hingga snack hambar pun ada, biasanya diberi label rasa bawang yang sebenarnya tidak terlalu terasa bumbunya.

Pembuatan snack baik yang dilakukan oleh pabrik besar maupun pabrik kecil ini karena permintaan snack di Indonesia cukup tinggi. Bayangkan saja setiap libur nasional berapa ton snack yang akan dimakan oleh seluruh orang Indonesia? Pastinya akan banyak snack dibeli, dimakan sambil nonton tv, disajikan di kaleng kaleng ruang tamu dan bahkan dimakan saat sambil perjalanan.

Karena tingginya permintaan snack ini, home industri alias industri rumahan pun juga banyak membuat aneka snack baik snack dari bahan bahan tepung maupun olahan bahan makanan tradisional. Misalnya jika anda berkunjung ke kulon progo makan akan ditemukan makanan geblek renteng yang dibuat camilan snack asin atau rasa bawang.

Sementara di beberapa daerah lain, mungkin anda pernah mendengar snack “marning” yang dibuat dari olahan pipilan jagung kemudian digoreng dan diberikan bumbu asin sehingga disebut dengan snack asin tradisioanal. Selain kedua contoh ini, masih banyak contoh snack snack asli tradisional lainnya yang bisa anda temukan di pasar tradisional atau pun modern.

Snack Asin Aneka Rasa di Rumah Kita

Berapa banyak dari kita yang terbiasa mengambil cemilan snack di kaleng dan memakannya sambil menonton televisi atau mengerjakan tugas? Dapat dipastikan sebagian besar pernah melakukannya kan ya? Nah inilah kenapa permintaan snack di Indonesia cukup tinggi. Bagi anda yang termasuk golongan introvert, maka biasanya snack akan menjadi teman setia anda mengisolasi diri mengerjakan tugas di rumah.

Sementara bagi anda yang merasa menjadi bagian dari anak-anak ekstrovert, maka jalan jalan ke mana mana akan kurang afdal jika tidak membeli snack yang akan dimakan sambil jalan maupun dimakan ketika sudah sampai di tempat tujuan.

Nah, kembali kepada snack di rumah, kira kira apa saja variasi snack di rumah yang seringkali kita sajikan? Kebanyakan akan menjawab membeli snack kalengan, biskuti kalengan dan makanan dalam toples yang dibeli di supermarket dan kemudian disajikan di meja ruang tamu.

Mungkin, hanya sebagian kecil saja yang membeli variasi snack dari pusat grosir, toko kelontong hingga pasar pasar tradisional. Padahal nih ya, jika anda mengunjungi pasar pasar tradisional dna pusat grosir, sajian aneka snack dengan variasi terbaru akan banyak ditemui.

Jika anda membeli variasi snack asin di toko toko modern mungkin hanya bisa menemukan snack yang dibungkus dalam kemasan tertentu dan tidak bisa ditakar ulang. Sementara jika anda membeli snack asin di pusat grosir dalam ukuran kilogram, maka anda bisa membeli berapa kilopun yang anda butuhkan dan menariknya adalah anda bisa mencicipinya, enak sekali kan?

Kemudian teknik menyajikan snack snack di rumah juga perlu anda perhatikan. Jangan mengeluarkan semua snack dalam toples toples di ruang keluarga atau ruang tamu dalam sekali sajian. Bukan karena takut dimakan orang, tetapi ini untuk mengontrol pola makan saja. Snack snack asin, pedas maupun manis biasanya banyak mengandung pengawet yang biasanya jika dimakan berlebihan akan kurang baik bagi kesehatan.

snack asin

Alasan Snack Asin Menjadi Favorit Camilan

Dari sebagian besar variasi snack snack yang dibuat di pusat grosir, dapat diklasifikasikan bahwa hanya ada tiga jenis snack yang banyak dimakan masyarakat Indonesia, atau istilahnya menjadi favorit. Pada bagian pertama adalah snack pedas, nah ini banyak menjadi favorit para cewek-cewek. Biasanya banyak nyemil snack pedas di rumah, di sekolah dan bahkan jalan jalan kemanapun.

Pada bagian kedua adalah snack manis, terutama bagi mereka yang suka manis seperti orang orang bersuku jawa. Maka sajian snack yang biasanya disukai adalah snack snack dengan rasa manis atau dibuat dengan campuran manis manisan seperti gula atau coklat.

Pada bagian ketiga adalah snack asin. Kalau jenis snack ini tidak hanya disukai kalangan cewek cewek saja, tetapi bapak bapak dan ibu ibu di rumah juga menyukai jenis snack asin. Salah satu alasannya adalah snack asin biasanya lebih murah, lebih banyak diproduksi dan banyak membuat orang ketagihan untuk makan lagi dan makan terus.

Berapa banyak dari kita yang terbiasa makan snack asin di depan televisi dan kemudian tidak bisa berhenti untuk makan? Belum selesai satu kantong snack, sudah membuka kantong snack lain dan tahu tahu sudah banyak kantong snack yang kita makan.

Nah, snack asin ternyata juga banyak mengandung pengawet dan perasa buatan lho, jadi ini juga perlu diperhatikan. Memang banyak snack asin yang dibuat dengan bahan bahan alami seperti garam dan gula, tetapi tetap saja mempunyai campurna pengawet seperti natrium yang anjuran kesehatannya adalah jangan makan berlebihan alias secukupnya saja.

Menyajikan Pilihan Snack Asin di Ruang Tamu

Jika diberikan pilihan untuk menyajikan beberapa jenis snack di ruang tamu, di antara pilihan snack pedas, snack manis hingga snack asin. Manakah di antara ketiga jenis snack ini yang akan anda sajikan? Mungkin banyak perdebatan dan perbedaan pendapat. Akan tetapi biasanya yang paling banyak disajikan adalah snack manis dan snack asin. Kenapa demikian? Berikut alasannya:

1. Seperti sudah dijelaskan di atas, harga snack asin biasanya jauh lebih murah karena bahan perasa asin jauh lebih mudah dibuat ketimbang snack pedas.

2. Konsumen snack asin jauh lebih banyak ketimbang konsumen snack pedas. Banyak konsumen snack pedas adalah anak anak dan juga remaja. Sementara konsumen snack asin terbentang dari konsumen anak anak, remaja hingga orang tua.

3. Menyajikan snack asin di ruang tamu tidak akan banyak mengeluarkan biaya tambahan. Maksudnya begini orang ketika makan snack asin dengan didampingi air mineral saja sudah cukup. Bandingkan dengan ketika makan snack pedas, biasanya tamu akan kepedesan dan minum air putih saja tidak cukup bukan? Biasanya akan disajikan air teh panas sebagai penghilang rasa pedas.

4. Kebanyakan tamu atau orang yang kita undang ke ruang tamu kebanyakan adalah orang tua yang mereka tidak terlalu suka snack snack pedas. Bayangkan ketika liburan idul fitri, maka tamu tamu undangan yang banyak berdatangan orang tua kan? Menyajikan snack pedas mungkin akan jarang dimakan ketimbang menyajikan snack asin.

5. Snack asin mungkin baik bagi tamu tamu orang tua, tetapi juga tidak baik jika memakan berlebihan. Karena snack asin selain mengandung banyak perasa asin, pengawet juga bisa mengandung kolesterol karena kebanyakan digoreng.

Jenis Jenis Snack Asin untuk disajikan

Selanjutnya adalah jenis jenis snack asin yang bisa anda pertimbangkan untuk disajikan di ruang tamu, makan bersama keluarga hingga makan dicemil sendiri ketika menonton televisi atau film:

1. Keripik Bawang. Cara membuat snack asin yang satu ini sangat gampang sekali. Bahan baku utamanya adalah tepung terigu, tepung kanji, bawang putih, bawang merah, telur dan garam. Anda tinggal campurkan semua bahan kemudian dipotong potong kecil kecil dan tinggal digoreng.

2. Pangsit goreng, pernah makan pangsit kan di warung mie ayam? Nah pangsit yang satu ini bisa dibuat menjadi snack asin dengan hanya menggunakan pangsit atau lembaran kulit lumpia, diiberikan bumbu garam dan tinggal digoreng. Anda bisa juga menambahkan bumbu setelah pangsit selesai digoreng.

3. Sumpia abon kulit pangsit. Proses pembuatannya sama dengan jenis pangsit goreng. Bedanya pangsit yang ini diisi abon di dalamnya sehingga ketika anda menggigit jenis snack asin ini akan terasa gurih asinnya dari abon yang dimasukkan di dalam pangsitnya.

4. Lumpia goreng, adalah salah satu makanan khas semarang yang bisa dibuat dengan mudah. Anda juga bisa mengisi bagian dalam lumpia dengan aneka jenis makanan seperti rebung, tauge, ayam, udang, tahu atau tempe.

5. Keripik Peyek Kacang, nah siapa ini yang sering makan camilan peyek sambil nonton tv? Bahan utama snack asin ini sangat mudah dicari yaitu kacang tanah, tepung dan tambahan garam. Anda bisa membuat banyak banyak dan disimpan di dalam kaleng untuk jangka waktu yang lama.

6. Snack asin emping, makanan mewah yang disajikan dalam resepsi pernikahan ini akan membuat lidah anda susah untuk berhenti makan. Emping sendiri diambil dari biji melinjo, digoreng dengan bumbu dan diberikan tambahan garam sedikit agar terasa gurih dan asin.

7. Cireng gurih, makanan khas dari tanah priangan ini dinamakan cireng yang berarti “aci digoreng” alias tepung aci digoreng. Anda bisa menggoreng banyak irisan cireng dan kemudian disajikan dengan sambal pedas, sambal kacang ataupun langsung dimakan juga bisa.

8. Snack kacang asin, wah wah siapa yang tidak suka? Menu snack favorit ini juga bisa dibuat dengan mudah di rumah lho guys. Caranya anda tinggal siapkan bahan bahan kacang tanah, bumbu garam dan aneka rempah rempah kemudian tinggal menggorengnya dan tiriskan. Kacang asin ini bisa disimpan dalam jangka waktu sebulan lebih.

9. Snack asin marning, nah seperti yang pernah diulas sebelumnya. Marning adalah snack yang dibuat dari pipilan biji jagung, digoreng dengan campuran aneka bumbu seperti bawang merah dan bwang putih serta garam. Kriukan dari marning ini dijamin akan membuat anda susah berhenti makan.

10. Snack asin murah meriah selanjutnya adalah rengginang. Jika anda ingin membuat rengginang ada dua cara, yaitu dengan bahan beras ketan, atau sisa nasi yang tidak termakan. Cara kedua ini lebih hemat karena anda tinggal mengolah sisa nasi kemarin untuk dijadikan rengginang. Variasi rasa rengginang yang biasanya disajikan adalah rasa gurih dan asin.

11. Sumpia ebi adalah salah satu snack asin mewah yang dihidangkan di acara acara khusus. Snack yang satu ini berbentuk mirip lumpia mini tetapi isinya adalah ebi (semacam udang kecil yang terasa asin dan gurih ketika dimakan). pernah mencobanya? Tentu saja sumpia ebi ini dibuat dengan bahan campuran antara kulit pangsit, ebi, bawang merah dan bawang putih serta jangan lupa diberikan garam.

Selain jenis jenis snack di atas, masih ada variasi jenis snack asin lain yang bisa anda coba di rumah seperti: aneka pastry, bitter ballen, semar mendem, croissant, sambosa, arem-arem, lumpia, sandwich, chicken pie, lemper, makaroni schotel, sosis, martabak, kroket dan risoles.