nasi box karisma by sofistika
nasi box karisma by sofistika

Nasi Kotak Premium Karisma menu SPESIAL
(Ayam Goreng Lengkuas, Pepes Tahu Teri, Jamur Cabe Garam, Tumis Jagung Muda, Sambal Bajak)
+ GRATIS Buah

Nasi Tumpeng Mulai Rp 750 Ribu per Nampan

Konsultasikan Kebutuhan Catering Anda Sekarang!


WA catering


Susunan Acara Pernikahan – Hari pernikahan selalu jadi momen spesial untuk siapapun. Karenanya perlu disiapkan semaksimal mungkin. Karena pada hari yang ditunggu-tunggu inilah dua sejoli mengucapkan janji suci di depan saksi dan penghulu.

Inti pernikahan yang sebenarnya adalah ijab kabul. Dengan ijab kabul kedua mempelai sudah sah dan halal sebagai suami istri. Dan kalau sekedar ijab kabul, pernikahan bisa sangat simpel.

Tapi menjadi sedikit ribet karena ijab kabul biasanya diikuti dengan resepsi yang melibatkan banyak orang. Sebagai hari bahagia, wajar saja kalau kita ingin berbagi kebahagiaan dengan semua orang.

Kita seakan-akan ingin mengumumkan pada dunia bahwa pada hari itu kita memasuki hidup baru yang berbeda dengan sebelumnya.

Kehidupan yang dijalani akan sempurna dengan hadirnya pendamping yang menemani dalam suka dan duka.

Nah agar acara pernikahan berjalan lancar, mau gak mau mesti disiapkan dengan matang. Itulah kenapa biasanya keluarga dan sang pengantin cukup sibuk memastikan kesiapan semua hal.

Lalu apa yang menentukan kelancaran pernikahan?

Ada banyak hal yang harus dipikirkan dalam pernikahan. Diantaranya pemilihan tempat resepsi, kesiapan baju pengantin, dekorasi, serta memilih catering.

Beberapa hal di atas biasanya sudah dipastikan di awal persiapan. Tapi yang tak kalah penting adalah susunan acara pernikahan itu sendiri.

Tentu semua pengantin ingin rangkaian acara nikah yang terjadwal dengan baik. Dan kelancaran pernikahan ditentukan oleh rundown atau sususan acara.

Biasanya kedua pihak pengantin bisa berkonsultasi dengan wedding organizer atau yang ditugasi menjadi MC (Master of Ceremony).

Penyusunan acara ini sangat krusial karena berhubungan dengan pihak lainnya, seperti jadwal pemakaian gedung (untuk yang menyewa gedung), jasa catering, make up, dekorasi, dokumentasi, serta acara hiburan.

Sebaiknya susunan acara pernikahan sudah clear maksimal sehari sebelum hari H. Kalau ternyata ada tradisi yang biasa dilakukan, maka jadwal peru menyesuaikan dengan tradisi tersebut.

Cara membuat susunan acara pernikahan yang tepat

susunan acara pernikahan

Dan kalau sudah disusun, kita juga mesti memastikan bisa berjalan tepat waktu sesuai jadwal.

Nah kalau kamu lagi mencari gimana membuat susunan acara pernikahan yang tepat, yuk simak artikel di bawah ini.

1. Akad nikah

Acara inti pernikahan sebenarnya terdiri 2 sesi saja, yaitu akad nikah dan resepsi. Kalau akad nikah dilakukan tidak di rumah, ada baiknya panitia mengecek kesiapan tempat terlebih dulu.

Pengantin juga harus menyesuaikan dengan jadwal penghulu yang padat. Sehingga mesti datang on time dan sudah ada di tempat sebelum akad nikah dimulai.

Akad nikah akan jadi momen paling sakral dalam pernikahan. Bahkan tak jarang ada yang grogi, harus mengulang-ulang baca ijab kabul, dan banyak juga yang menangis haru.

Berikut ini susunan acara yang biasa ada saat akad nikah:

A. Pembukaan

Seperti acara resmi lainnya, akad nikah bisa dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara. Pembukaan berupa ucapan selamat datang pada keluarga kedua mempelai. Tidak lupa juga MC akan menyebutkan keluarga dan nama kedua mempelai.

Untuk yang beragama islam, umumnya dimulai dengan bacaan basmallah dan harapan agar acara bisa berjalan dengan khidmat dan lancar.

B. Kalam ilahi

Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan kalam ilahi atau firman Tuhan. Panitia bisa minta bantuan pada saudara atau tetangga dekat yang dikenal mahir membaca ayat suci dengan indah.

C. Sambutan keluarga pengantin

Sambutan berasal dari dua keluarga pengantin. Yang pertama biasanya sepatah dua patah kata dari keluarga pengantin pria kepada keluarga pengantin wanita. Lalu dibalas wakil dari pengantin wanita.

Jadi hendaknya masing-masing keluarga menunjuk salah satu wakilnya untuk menyampaikan kata sambutan.

Setelah penyampaian sambutan, biasanya diteruskan dengan jabat tangan yang menandakan dua keluarga telah menerima pengantin pria dan wanita.

D. Seserahan

Budaya Indonesia memang dipenuhi simbol-simbol, termasuk juga dalam acara nikah. Walau tidak wajib, tapi sudah umum kalau ada acara seserahan dari pengantin pria.

Secara filosofi, wajar kalau sebagai tamu memberikan oleh-oleh pada tuan rumah, bukan sekedar tangan kosong. Selain itu, bisa dimaknai juga bentuk tanggung jawab pengantin pria terhadap pengantin wanita.

Seserahan berupa penyerahan beberapa barang, seperti alat mandi, alat make up, tas, pakaian, bahan makanan pokok, hingga kue tradisional.

Nah sebelum hari H, ada baiknya calon mempelai pria menyiapkan berang yang mau diserahkan. Tentunya menimbang bugget yang tersedia. Jangan sampai tabungan ludes gara-gara ingin terlihat wah pada acara seserahan.

E. Khutbah nikah

Sebelum ijab kabul, akan ada khutbah nikah yang disampaikan penghulu atau petugas dari KUA. Acara ini justru tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Karena menjadi bekal ilmu sebelum menjalani hidup berumah tangga yang dipenuhi onak dan duri.

Pernikahan tidak selamanya indah, jadi jadikan khutbah nikah sebagai pengingat untuk selalu sabar dalam menghadapi pasangan hidupnya.

F. Pengucapan ijab kabul

Inilah inti dari keseluruhan acara pernikahan. Sah tidaknya pernikahan ditentukan oleh prosesi ijab dan kabul.

Ijab berupa perkataan wali atau orang tua dari mempelai perempuan untuk menikahkan pengantin laki dengan putrinya. Biasanya dengan lafadz “saya nikahkan kamu dengan …”

Kemudian disusul kabul berupa ucapan mempelai pria “saya terima nikahnya …”. Bagian inilah yang paling menegangkan.

Tak jarang pengantin pria gugup dan cemas. Bahkan ada yang berlatih berkali-kali atau membawa contekan. Dengan disaksikan wali dan dua orang saksi, maka telah sah kedua mempelai sebagai suami istri.

Setelah inti ijab kabul selesai, biasanya penghulu akan membacakan doa akad nikah.

Sebagai bukti sahnya pernikahan, kedua mempelai juga diminta menandatangani buku nikah. Dengan dokumen tersebut, telah sah pula pernikahan secara hukum negara.

G. Serah terima mas kawin

Acara selanjutnya adalah penyerahan mahar atau mas kawin secara simbolis. Mahar ini wajib dan menjadi bukti kemampuan mempelai pria dalam memberi nafkah.

Biasanya mahar berupa perhiasan seperti emas, perhiasan, uang, pakaian, atau barang apa saja semampunya. Bahkan kalau saat itu belum mampu membayar mahar, bisa juga dibayar hutang. Yang penting disebutkan saat akad nikah.

H. Nasihat pernikahan

Selanjutnya penghulu akan memberi nasihat pada kedua mempelai mengenai apa saja hak dan kewajiban suami istri.

Nasihat ini membuat kedua pengantin tahu apa saja yang harus, dilarang, atau boleh dilakukan dalam kehidupan rumah tangga.

Sampai di sini sebenarnya acara akad nikah sudah selesai. Biasanya dilanjut dengan tradisi sungkeman pada kedua orang tua serta foto keluarga.

2. Resepsi pernikahan

Begitu akad nikah selesai, biasanya kedua mempelai segera bersiap untuk acara resepsi. Ada yang resepsi diselenggarakan di hari yang sama dengan akad, ada juga yang ditunda beberapa hari.

Acara resepsi sendiri umumnya menyesuaikan dengan adat setempat. Walau begitu, kita masih punya kebebasan dalam mengatur susunan acara pernikahan.

Agar lebih jelas, yuk simak susunan acara pernikahan yang biasa digunakan di acara resepsi.

susunan acara pernikahan

A. Pembukaan

Resepsi biasa dimulai dengan pembukaan dari MC. Dia akan mengucapkan salam hangat dan terima kasih atas kehadiran tamu undangan. Tak lupa mengucap syukur atas akad nikah yang berlangsung dengan lancar.

B. Masuknya pengantin dan rombongan

Salah satu yang ditunggu-tunggu dalam resepsi adalah momen masuknya kedua mempelai dan keluarganya ke ruang utama resepsi. Tak jarang banyak tamu yang mengabadikan dengan mengambil foto atau video.

Karena tamu akan penasaran seperti apa kegagahan dan kecantikan mereka di hari bahagia. Ibarat jadi raja dan ratu sehari, mempelai pasti ingin tampil terbaik di hari itu.

Kehadiran mempelai tak ubahnya pesta budaya yang menarik perhatian. Begitu masuk ke ruang utama, saat itulah MC akan mengucapkan selamat datang dalam bahasa daerah.

Disamping itu, iringan seni tradisional menambah semarak kehadiran pengantin beserta kedua orang tuanya.

C. Ucapan selamat

Begitu rombongan pengantin naik ke atas panggung pelaminan, para tamu undangan sudah bisa menyalami dan memberi selamat. Sambil mengucapkan selamat, biasanya tamu bisa menikmati beragam hiburan.

D. Menikmati hidangan

Usai memberi selamat di atas mimbar, tamu undangan bisa menikmati berbagai hidangan makanan yang disediakan tim catering.

Bisa dibilang sesi makan-makan jadi yang paling ditunggu tamu undangan. Sukses tidaknya resepsi banyak ditentukan hidangan yang tersedia.

Umumnya menu nikahan disajikan dalam bentuk prasmanan. Dengan begitu, tamu bebas memilih menu yang disukainya.

Nah agar tidak ada menu terbuang sia-sia, pastikan pilihan menu masuk di lidah orang Indonesia. Tidak harus mahal, menu sederhana tapi cocok d lidah akan lebih berkesan dibanding menu impor tapi terasa aneh.

Beberapa menu lokal yang dimasak dengan tangan-tangan terampil sudah cukup menyenangkan tamu undangan. Karena itulah, penting bagi kalian memilih tim catering yang bisa memberi menu sehat sekaligus pas di lidah .

Jadi, jangan sembarang memilih catering pernikahan ya!

E. Ramah tamah

Bagi kerabat dekat, keluarga besar, teman kerja, atau teman kuliah, biasanya mendapat kesempatan spesial untuk foto bersama mempelai.

Kesempatan ini tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja. Karena mungkin jadi kesempatan langka sekali seumur hidup.

F. Penutup

Di akhir acara MC akan menutup resepsi serta menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran tamu undangan. Tak lupa ucapan syukur resepsi sudah dilangsungkan dengan lancar dan doa untuk kebahagiaan kedua mempelai.

Nah itu tadi susunan acara pernikahan dari akad nikah hingga resepsi yang umum dilakukan di Indonesia. Susunan acara pernikahan tersebut sangat fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan budget yang tersedia maupun tradisi setempat.

Setelah semua jadwal tersusun, jangan lupa menginformasikan ke pihak-pihak yang terlibat dalam acara. Misalnya jam berapa makanan harus siap, jadwal pengantin mengganti konstum, kesiapan MC, dll.

Terlepas dari acara nikah yang menguras pikiran dan tenaga, sebaiknya bijak dalam menyusun acara. Tidak perlu habis-habisan dengan pesta berharga mahal.

Karena pernikahan merupakan awal dari kehidupan baru. Setelah itu kita perlu memikirkan kebutuhan rumah tangga lainnya. Gimana, sudah siap menempuh hidup baru?